Astronom Deteksi Ledakan Energi Misterius Berusia 8 Miliar Tahun

Astronom Deteksi Ledakan Energi Misterius Berusia 8 Miliar Tahun

Para astronom menemukan fenomena luar biasa. Gelombang radio yang sangat kuat berasal dari penggabungan galaksi yang terjadi sekitar 8 miliar tahun yang lalu.

Fenomena ini, disebut sebagai Ledakan Radio Cepat (FRB), adalah yang tertua yang pernah tercatat dan masih belum bisa dijelaskan hingga saat ini.

Ledakan ini melepaskan jumlah energi yang setara dengan energi matahari kita dalam waktu kurang dari satu milidetik. Untuk mendeteksinya, para peneliti menggunakan SKA Pathfinder Australia, sebuah teleskop radio di Australia Barat, yang lokasinya ditunjukkan oleh Teleskop Sangat Besar milik Observatorium Selatan Eropa di Chili.

FRB adalah gelombang radiasi elektromagnetik frekuensi radio dengan durasi hanya sepersekian detik, tetapi jauh melebihi kebanyakan sumber gelombang radio lain di alam semesta.

Menurut astronom Ryan Shannon dari Swinburne University of Technology di Australia, “Gelombang radio dalam FRB mirip dengan yang digunakan dalam oven microwave. Jumlah energi dalam FRB ini setara dengan memanaskan semangkuk popcorn yang berukuran dua kali lipat matahari dalam microwave.”

Ledakan radio ini diyakini berasal dari bintang neutron yang sangat bermagnet, dikenal sebagai magnetar. Magnetar adalah bintang yang sangat padat, berukuran sekitar kota kecil, tetapi memiliki massa matahari. Mereka merupakan objek paling ekstrem di alam semesta dan dapat menghasilkan ledakan yang luar biasa seperti ini.

Fenomena FRB ini lebih umum terjadi daripada yang kita kira, dengan lebih dari 100.000 diperkirakan terjadi setiap harinya di alam semesta.

Namun, hanya sekitar 50 FRB yang pernah terdeteksi, termasuk yang satu ini. Salah satu hal unik tentang FRB adalah bahwa mereka hanya menghasilkan energi dalam bentuk gelombang radio dan tidak terlihat pada spektrum elektromagnetik lainnya seperti cahaya optik atau sinar X.

Para peneliti percaya bahwa mempelajari FRB. Hal ini dapat membantu mendeteksi dan mengukur sejumlah besar materi yang diyakini mengisi ruang antar galaksi. Gelombang radio ini, saat melintasi kosmos, dapat menandai keberadaan plasma intergalaksi, gas yang sangat panas sehingga atomnya terpecah menjadi partikel subatomik.

Penemuan ini memberikan wawasan baru tentang ledakan radio cepat dan membuka pintu untuk lebih memahami fenomena alam semesta yang penuh misteri. Para astronom diharapkan dapat terus mengamati dan menyelidiki FRB ini untuk mengungkap rahasia yang masih tersimpan di antariksa.

 

Baca sinopsis film menarik hanya di sini !
Baca berita tim favorit manchester united di sini !
Baca berita Sepak Bola hanya di sini !
Baca berita Musik Internasional hanya di sini !
Baca berita seputar olahraga hanya di sini ! 
Baca berita seputar info bisnis di sini !
Baca berita Indonesia Terkini di sini !
Baca tips dan trik bermain game di sini !
Baca berita viral negara +62 di sini !
Baca berita hangat Australia di sini !
Baca berita program terbaru di sini !
Baca berita seputar produk bagus di sini !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *