Barang Impor Kena Pungutan , hal ini di lansir dari berita terbaru bahwa Tas, Kosmetik, hingga Sepeda Impor Kena Pungutan Baru, Siap-siap Mahal!

Barang Impor Kena Pungutan , hal ini di lansir dari berita terbaru bahwa Tas, Kosmetik, hingga Sepeda Impor Kena Pungutan Baru, Siap-siap Mahal!

Pemerintah menambah daftar barang kiriman yang dikenakan tarif Most Favored Nation (MFN) dari 4 menjadi 8. Barang yang masuk MFN ini tidak mendapat fasilitas pembebasan bea masuk sebagaimana barang kiriman lainnya.
Hal itu tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 96 Tahun 2023 tentang Ketentuan Kepabeanan, Cukai dan Pajak Atas Impor dan Ekspor Barang Kiriman yang akan berlaku mulai 17 Oktober 2023.

“Dengan PMK ini ada 4 Komoditas yang dilakukan penambahan dan dikenakan MFN,” kata Direktur Teknis Kepabeanan Ditjen Bea dan Cukai Fadjar Donny Tjahjadi dalam media briefing di Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis, (12/10/2023).

Empat komoditas yang ditambahkan dalam PMK Nomor 96 Tahun 2023

Diantara nya adalah sepeda, jam tangan, kosmetik, serta besi dan baja. Sebelumnya, dalam PMK Nomor 199 Tahun 2019, tarif MFN hanya dikenakan terhadap barang tekstil dan produk tekstil, alas kaki/sepatu, tas dan buku.

Fadjar menjelaskan dengan penetapan ini, maka barang jenis sepeda impor akan terkena tarif sebesar 25-40%. Tarif 40% dikhususkan bagi sepeda listrik.

Sementara untuk jam tangan impor akan dikenakan tarif sebesar 10%, kosmetik impor 10%-15%, serta besi dan baja impor sebesar 0%-20% sesuai HS Code. Tambahan 4 jenis item tersebut ditetapkan karena transaksi perdagangan yang sangat tinggi utamanya kosmetik.

“Kosmetik sangat tinggi, dengan (impor) barang kiriman ini akan berdampak pada pertumbuhan industri dalam negeri,” kata Fadjar.

Dia mengatakan lonjakan transaksi serupa juga terjadi pada jam tangan dam sepeda. Menurut dia, kenaikan transaksi itu disebabkan oleh tren masyarakat untuk bersepeda dan membeli jam tangan semakin meningkat.

“Kami juga melihat sepeda dan jam tangan berdasarkan statistik kami merupakan komoditas impor barang kiriman yang jumlahnya tinggi,” tuturnya.

Berikut tarif MFN impor barang kiriman:
1. Tas 15-20%
2. Buku 0%
3. Produk tekstil 5-25%
4. Alas kaki/sepatu 5-30%
5. Kosmetik 10-15%
6. Besi dan baja 0-20%
7. Sepeda 25-40%
8. Jam tangan 10%

Baca sinopsis film menarik hanya di sini !
Baca berita tim favorit manchester united di sini !
Baca berita Sepak Bola hanya di sini !
Baca berita Musik Internasional hanya di sini !
Baca berita seputar olahraga hanya di sini ! 
Baca berita seputar info bisnis di sini !
Baca berita Indonesia Terkini di sini !
Baca tips dan trik bermain game di sini !
Baca berita viral negara +62 di sini !
Baca berita hangat Australia di sini !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *