BPJS Ketenagakerjaan Jelaskan Tak Semua Peserta Berhak Terima Bansos

BPJS Ketenagakerjaan Jelaskan – Gosip baru nih, soal bansos buat peserta BPJS Ketenagakerjaan. Katanya mereka gak boleh dapet bantuan dari pemerintah. Tapi, si Oni Marbun, Deputi Komunikasi BPJS Ketenagakerjaan, ngejelasin kalo itu gak seluruhnya bener, bro!

Dia cerita, BPJS Ketenagakerjaan itu emang jadi salah satu penyedia data buat bansos yang dikelola pemerintah. Tapi, data dari BPJS ini cuman buat ngecek apakah penghasilan para pekerja di atas UMP/UMK atau enggak.

Jadi, tujuannya cuma buat memastikan kalo calon penerima bansos ini emang gak punya penghasilan di atas UMP/UMK. Jadi, gak semua peserta BPJS Ketenagakerjaan langsung dieliminasi dari daftar calon penerima bantuan sosial. Ada juga data lain yang jadi dasar buat verifikasi dan validasi oleh Kemensos.

Oni juga bilang kalo BPJS Ketenagakerjaan yakin banget kalo program-program pemerintah udah didesain dengan baik biar semua orang bisa dapet bantuan sesuai hak mereka masing-masing.

Ini juga ada cerita dari Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan. Dia bilang ada 493 ribu penerima bansos yang bener-bener tepat sasaran. Tapi ada banyak juga yang sebenernya gak seharusnya dapet bansos, kayak ASN atau pekerja yang gajinya lumayan.

BPJS Ketenagakerjaan Jelaskan Tak Semua Peserta Berhak Terima Bansos

Nih, Pahala nyebut angka ketidaktepatan yang lumayan besar, sekitar Rp 523 miliar per bulan. Bayangin, duit segede itu jatuh ke tangan yang gak seharusnya. Nah, buat ASN dan yang punya penghasilan lumayan, dia bilang ada estimasi Rp 140 miliar per bulan yang keliru dikasih bansos.

Akibatnya, sekarang pihaknya minta data penerima bansos harus diperbaiki biar bisa mengurangi penyaluran yang gak sesuai sasaran. Tapi, emang banyak juga masyarakat yang khawatir mereka bakal gak masuk dalam daftar penerima bansos lagi, nih.

Kalo buat informasi, ada 5 kriteria yang enggak berhak menerima bansos menurut surat dari Kementerian Sosial:

1. Individu/keluarga yang punya status ASN/TNI/POLRI
2. Individu/keluarga yang nerima gaji/upah dari APBN/APBD
3. Ada tenaga kerja di keluarganya dengan upah di atas UMP/UMK
4. Individu/keluarga yang sudah meninggal
5. Individu/keluarga yang punya jabatan/usaha yang terdaftar pada Administrasi Hukum Umum (Kemenkumham, OSS, Perizinan resmi)
6. Individu/keluarga yang jadi pendamping sosial

Buat detailnya, cek artikel detiknews, “BPJS Ketenagakerjaan Jelaskan Tak Semua Peserta Berhak Terima Bansos.” Ada foto-foto dan info selengkapnya di sana!

Baca sinopsis film menarik hanya di sini !
Baca berita tim favorit manchester united di sini !
Baca berita Sepak Bola hanya di sini !
Baca berita Musik Internasional hanya di sini !
Baca berita seputar olahraga hanya di sini ! 
Baca berita seputar info bisnis di sini !
Baca berita Indonesia Terkini di sini !
Baca tips dan trik bermain game di sini !
Baca berita viral negara +62 di sini !
Baca berita hangat Australia di sini !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *