China Bakal Batasi Ekspor Bahan Baku Baterai Kendaraan Listrik

China Bakal Batasi Ekspor Bahan Baku Baterai Kendaraan Listrik

Beijing, 20 Oktober 2023 – Di balik keramaian pasar kendaraan listrik, tersembunyi sebuah kebijakan yang mengguncang dunia industri. Kementerian Perdagangan dan Administrasi Umum Bea Cukai China Bakal Batasi Ekspor Bahan Baku Baterai mengumumkan rencana pembatasan ekspor grafit, mineral yang mendukung revolusi kendaraan listrik. Tidak sekadar kebijakan perdagangan, ini adalah langkah yang diambil atas dasar keamanan nasional.

Grafit, elemen kunci dalam produksi baterai kendaraan listrik atau Electric Vehicle (EV), mendapat sorotan tajam. Rencana ini muncul hanya beberapa hari setelah Amerika Serikat memberlakukan pembatasan tambahan pada semikonduktor yang dapat dijual kepada perusahaan China. Dominasi China sebagai produsen grafit dunia mencapai 65 persen pada tahun lalu, menjadikan pengumuman ini berdampak global.

Kepala Penelitian Kebijakan Pajak dan Perdagangan di Universitas St Gallen di Swiss, Stefan Legge, menggambarkan situasinya sebagai pertarungan antara China dan negara-negara Barat. “Proteksionisme meluas, dan kedua belah pihak menyadari dampak besar jika geopolitik mengalahkan ekonomi,” katanya.

Grafit: Pusaka Misterius Pembuat Kendaraan Listrik Terancam

Data dari Survei Geologi AS menunjukkan bahwa pasar grafit untuk baterai kendaraan listrik telah tumbuh 250 persen sejak 2018. Namun, langkah China membatasi ekspor grafit membuat produsen kendaraan berusaha mengamankan pasokan grafit dari sumber-sumber di luar negeri.

Sementara itu, Badan Energi Internasional mencatat pertumbuhan signifikan dalam penjualan kendaraan listrik secara global. Pada tahun lalu, penjualan kendaraan listrik mencapai lebih dari 10 juta unit, naik 55 persen dari tahun sebelumnya. Proyeksi tahun ini memperkirakan penjualan akan mencapai 14 juta unit, mengukuhkan posisi kendaraan listrik sebagai kekuatan dominan dalam industri otomotif global.

Meskipun pasar kendaraan listrik terus berkembang, kebijakan China mengenai ekspor grafit menyisakan pertanyaan besar. Bagaimana produsen mobil global akan mengatasi tantangan ini? Apakah inovasi teknologi dapat menggantikan ketergantungan pada pasokan grafit dari China? Masa depan kendaraan listrik, dan dengan demikian, masa depan transportasi global, tampaknya ditentukan oleh kebijakan dan inovasi yang akan datang.

 

Baca sinopsis film menarik hanya di sini !
Baca berita tim favorit manchester united di sini !
Baca berita Sepak Bola hanya di sini !
Baca berita Musik Internasional hanya di sini !
Baca berita seputar olahraga hanya di sini ! 
Baca berita seputar info bisnis di sini !
Baca berita Indonesia Terkini di sini !
Baca tips dan trik bermain game di sini !
Baca berita viral negara +62 di sini !
Baca berita hangat Australia di sini !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *