Giliran Bekas Rumah Bermunculan di Waduk Jatigede

Giliran Bekas Rumah Bermunculan – Bro, gue punya berita unik nih! Musim kering yang udah lama banget tuh bikin Waduk Jatigede, salah satu waduk terbesar di Indonesia, mengalamin fenomena aneh. Puing-puing rumah bekas permukiman warga muncul ke permukaan lagi!

Kemarau panjang ini bikin volume air di Waduk Jatigede, Kabupaten Sumedang, merosot banget, jadinya rumah-rumah bekas permukiman warga yang dulunya tenggelam, tiba-tiba nongol lagi.

Nih, contohnya di Desa Pakualam, Kecamatan Darmaraja, wilayah pesisirnya ada beberapa puing bangunan rumah bekas warga yang sekarang udah keliatan lagi. Ada juga yang puing sumurnya masih berdiri kok.

Baca juga: Air di Waduk Gajah Mungkur Surut, Muncul Makam dan Permukiman Lawas
Salah satunya itu rumah yang dulunya punya Agus Supratman (52), yang sekarang puing-puingnya keliatan lagi di dasar Waduk Jatigede gara-gara kemarau.

Agus cerita, “Dulu rumah saya di sana tapi sekarang sudah pindah ke atas, masih di kawasan Desa Pakualam,” sambil nunjuk ke arah rumah yang muncul lagi dari dalam Waduk Jatigede.

Menurut Agus, selain di Desa Pakualam, puing-puing bekas bangunan rumah juga muncul di Desa Cipaku.

Giliran Bekas Rumah Bermunculan di Waduk Jatigede

“Kalau di sini puing yang terlihat itu ada di wilayah Desa Pakualam dan Desa Cipaku. Dulunya mah desa Cipaku cuma dimekarkan jadi Desa Pakualam, Desa Cipaku dan Desa Karangpakuan,” jelasnya.

Agus sendiri adalah salah satu warga yang terdampak karena pembangunan Waduk Jatigede. Kampung halamannya kena tenggelam gara-gara waduk ini.

Sekarang dia udah pindah tempat tinggalnya, tapi masih di Desa Pakualam. Dia sekarang ngehasilin uang dari berbagai macam pekerjaan, serabutan gitu. Dulu dia pernah kerja di Kota Bandung, loh.

Waktu kayak gini, musim kemarau, Agus biasanya cari keong sawah dan nge-tanem di sekitar Waduk Jatigede.

Baca artikel detikTravel untuk berita selengkapnya:
– Android: [Download di sini](https://apps.detik.com/detik/)
– iOS: [Download di sini](https://apps.detik.com/detik/)

Jadi, fenomena ini bikin penasaran, ya! Semoga aja Waduk Jatigede enggak bikin kejutan-kejutan aneh lagi ke depannya!

Baca sinopsis film menarik hanya di sini !
Baca berita tim favorit manchester united di sini !
Baca berita Sepak Bola hanya di sini !
Baca berita Musik Internasional hanya di sini !
Baca berita seputar olahraga hanya di sini ! 
Baca berita seputar info bisnis di sini !
Baca berita Indonesia Terkini di sini !
Baca tips dan trik bermain game di sini !
Baca berita viral negara +62 di sini !
Baca berita hangat Australia di sini !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *