Hati-Hati! Pneumonia Makin Merayap di Indonesia, Pendapat Kemenkes

Hati-Hati! Pneumonia Makin Merayap di Indonesia, Pendapat Kemenkes

Dicky Budiman, seorang epidemiolog dari Universitas Griffith Australia, memberikan peringatan bahwa Indonesia mungkin menghadapi potensi kasus pneumonia serupa dengan yang terjadi di Tiongkok. Ini terjadi karena berbagai patogen atau parasit dari saluran pernapasan, seperti mycoplasma pneumonia, influenza, respiratory syncytial virus (RSV), adenovirus, dan termasuk COVID-19, juga hadir di Indonesia.

Berdasarkan hasil penyelidikan pemerintah Tiongkok, penyebaran kasus pneumonia ini bukanlah fenomena baru yang disebabkan oleh bakteri atau virus baru. Menurut Dicky, pneumonia ini bisa menjadi siklus yang berkaitan dengan tingginya angka kelahiran dan peningkatan jumlah anak di suatu negara.

“Ini juga yang membuat kekebalan komunal menurun, selain adanya faktor penurunan perlindungan dari vaksin, termasuk juga yang disebut sebagai utang imunitas,” ucap Dicky.

Dia juga menekankan pentingnya penguatan sistem deteksi dan pengawasan influenza-like illness di fasilitas kesehatan, rumah sakit, dan puskesmas. Hal ini diperlukan agar peningkatan kasus yang tidak biasa dapat terdeteksi dengan lebih baik.

Di sisi lain, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memberikan tanggapan terhadap kasus pneumonia misterius yang terjadi di China.

“Dinas Kesehatan DKI Jakarta meningkatkan meningkatkan sistem pelaporan individu dari kasus ISPA dan pneumonia. Meningkatkan kewaspadaan di rumah sakit dan puskesmas. Terutama kasus pneumonia pada anak dan di seluruh puskesmas, dan 194 rumah sakit untuk memantau kondisi dan mendeteksi penyakit-penyakit baru dengan pemeriksaan laboratorium,” pungkasnya.

Baca sinopsis film menarik hanya di sini !
Baca berita tim favorit manchester united di sini !
Baca berita Sepak Bola hanya di sini !
Baca berita Musik Internasional hanya di sini !
Baca berita seputar olahraga hanya di sini ! 
Baca berita seputar info bisnis di sini !
Baca berita Indonesia Terkini di sini !
Baca tips dan trik bermain game di sini !
Baca berita viral negara +62 di sini !
Baca berita hangat Australia di sini !
Baca berita program terbaru di sini !
Baca berita seputar produk bagus di sini !
Baca seputar Game Menarik di sini !
Bergabung untuk menemukan info terbaru di sini !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *