IDI Tak Lagi Dilibatkan Pemeriksaan Kesehatan Capres-Cawapres, Begini Penjelasan KPU

IDI Tak Lagi Dilibatkan Pemeriksaan Kesehatan Capres-Cawapres, Begini Penjelasan KPU

Dalam kisah unik dunia politik, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) memutuskan untuk tidak lagi terlibat dalam pemeriksaan kesehatan bakal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Pemilu 2024. Langkah ini mengundang perhatian karena IDI selalu terlibat dalam proses pemeriksaan sejak tahun 2004.

“Pemeriksaan kesehatan capres-cawapres adalah tradisi sejak pemilihan umum tahun 2004. Namun, IDI memutuskan untuk tidak melibatkan diri mulai tahun ini,” ujar Ketua Umum PB IDI, Adib Khumaidi.

Namun, menurut Komisioner KPU, Idham Holik, keputusan ini berdasarkan Pasal 227 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2023 tentang Pemilu. Pasal tersebut menegaskan bahwa salah satu persyaratan adalah surat keterangan kesehatan dari rumah sakit pemerintah yang ditunjuk oleh KPU.

Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, menjadi tempat diadakannya pemeriksaan kesehatan capres dan cawapres. Kepala RSPAD, Budi Sulistya, mengungkapkan bahwa proses pemeriksaan melibatkan 50 orang dokter dan berlangsung selama delapan sampai sepuluh jam.

“Pemeriksaan ini merupakan mandat hukum yang mengharuskan capres-cawapres sehat jasmani, rohani, dan bebas narkoba. Kami siap melaksanakan tugas ini dengan profesionalisme dan independensi,” jelas Budi.

Dengan langkah unik ini, proses pemeriksaan kesehatan bakal capres-cawapres menjadi sorotan dalam perjalanan menuju Pemilu 2024. Seperti apa hasil pemeriksaan dan bagaimana reaksi publik? Kita tunggu saja!

 

Baca sinopsis film menarik hanya di sini !
Baca berita tim favorit manchester united di sini !
Baca berita Sepak Bola hanya di sini !
Baca berita Musik Internasional hanya di sini !
Baca berita seputar olahraga hanya di sini ! 
Baca berita seputar info bisnis di sini !
Baca berita Indonesia Terkini di sini !
Baca tips dan trik bermain game di sini !
Baca berita viral negara +62 di sini !
Baca berita hangat Australia di sini !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *