Israel Kerahkan Buldoser Raksasa Sulit Dihancurkan untuk Invasi Gaza

Israel Kerahkan Buldoser Raksasa Sulit Dihancurkan untuk Invasi Gaza

Israel Kerahkan Buldoser Raksasa berukuran 8 meter untuk melakukan invasi ke Gaza. Dibuat lapis baja bikin kendaraan ini sulit untuk dihancurkan.
Militer Israel telah mengerahkan ratusan ribu tentara dan tank di perbatasan Gaza guna melancarkan serangan darat besar-besaran sebagai balasan pada Hamas. Buldoser bernama D9R akan menjadi kunci operasi tersebut.

Buldoser Caterpillar dibuat dengan lapis baja D9R yang dapat menangkis roket, mengatasi labirin terowongan dan posisi penembak jitu. Dengan tambahan baju besi seberat 15 ton dan bilah yang diperkuat, monster ini hampir tidak bisa ditembus senjata atau bahan peledak.

Kendaran yang punya julukan Doobi atau Teddy Bear digunakan pertama kali oleh Angkatan Pertahanan Israel pada tahun 1950an.

Hingga kini Israel kerap melakukan modifikasi guna membuka jalan bagi tank dan pasukan. Sebab untuk mencapai benteng Hamas, pasukan militer Israel harus menembus beberapa garis pertahanan, termasuk ranjau, sasaran mortir, dan persenjataan anti-tank.

Buldoser monster seberat 62 ton ini memiliki kaca antipeluru untuk melindungi dua awak di dalamnya dari tembakan penembak jitu dan senapan mesin. Dilengkapi dengan peluncur granat, instalasi senapan mesin, atau bahkan proyektor asap.

Pada perjalanannya, material D9R ditingkatkan dengan slat armor pada tahun 2015. Tujuan ini untuk meningkatkan perlindungan terhadap granat berpeluncur roket yang banyak digunakan oleh Hamas dalam konflik sebelumnya.

Buldozer D9R ditenagai oleh mesin Cat 3408C yang mampu menghasilkan 405 tenaga kuda dan menarik beban lebih dari 70 ton.

Hal ini tidak hanya membantu buldoser melewati rintangan, tetapi juga memungkinkan berbagai peran pendukung infrastruktur seperti menggali parit dan membangun jembatan atau struktur pertahanan.

“Teddy Bear” ini juga dapat dilengkapi dengan instalasi senapan mesin, peluncur granat, atau proyektor asap untuk kemampuan tempur tambahan.

Pada tahun 2018, tentara Israel juga mulai mengerahkan dan mengoperasikan D9R Panda, versi buldoser yang dioperasikan dari jarak jauh untuk lingkungan yang lebih tidak bersahabat.

Harga D9R tidak diketahui karena kendaraan tersebut dibeli langsung dari Caterpillar oleh militer Israel dan kemudian dilengkapi dengan baju besi khusus mereka.

Namun, harga buldoser Cat D9 baru setidaknya USD 900.000 (kisaran Rp 14 miliar) ini belum termasuk peningkatan tambahan dilakukan militer Israel, demikian dilansir dari Daily Mail.

Baca sinopsis film menarik hanya di sini !
Baca berita tim favorit manchester united di sini !
Baca berita Sepak Bola hanya di sini !
Baca berita Musik Internasional hanya di sini !
Baca berita seputar olahraga hanya di sini ! 
Baca berita seputar info bisnis di sini !
Baca berita Indonesia Terkini di sini !
Baca tips dan trik bermain game di sini !
Baca berita viral negara +62 di sini !
Baca berita hangat Australia di sini !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *