Jokowi Resmikan Sertifikat Tanah Elektronik, Kini Bisa 'Disekolahkan'

Jokowi Resmikan Sertifikat Tanah Elektronik, Kini Bisa ‘Disekolahkan’

Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi meluncurkan sertifikat tanah berbasis elektronik dalam sebuah acara simbolis di Istana Negara, Jakarta. Sepuluh orang, termasuk perorangan dan perwakilan BUMD/BUMN, menerima peluncuran simbolis sertifikat tanah elektronik tersebut.

Jokowi menyatakan bahwa sertifikat tanah elektronik memiliki signifikansi penting bagi masyarakat. Manfaatnya melibatkan pengurangan risiko kehilangan, pencurian, dan kerusakan akibat bencana. Selain itu, ia menekankan bahwa sertifikat elektronik ini dapat digunakan sebagai agunan pinjaman, dengan menyebutnya sebagai ‘disekolahkan’.

“Sertifikat ini dipakai untuk apa? Nih, coba dilihat di perbankan naiknya berapa, pasti naik drastis karena banyak sekali sertifikat disekolahkan dipakai untuk modal kerja, ya tidak apa-apa,” ujar Jokowi.

Meski memberikan dukungan positif, Jokowi juga memberikan peringatan kepada pemilik sertifikat tanah elektronik agar berhati-hati dan memiliki perhitungan yang matang jika berniat mengajukan pinjaman. Perhitungan tersebut mencakup pendapatan, bunga pinjaman, dan kebutuhan hidup.

Presiden kemudian meminta Kementerian ATR/BPN untuk melakukan sosialisasi produk digitalisasi ini ke masyarakat. Selain itu, pemerintah akan berupaya menyelaraskan program ini dengan bank digital.

Dalam pengantar acara, Jokowi berbagi pengalaman pada awal pemerintahannya pada 2015, di mana hanya 46 juta sertifikat tanah dari total 126 juta yang diberikan kepada masyarakat. Hal ini, menurutnya, menjadi salah satu penyebab konflik agraria yang cukup banyak terjadi di Indonesia.

 

Baca sinopsis film menarik hanya di sini !
Baca berita tim favorit manchester united di sini !
Baca berita Sepak Bola hanya di sini !
Baca berita Musik Internasional hanya di sini !
Baca berita seputar olahraga hanya di sini ! 
Baca berita seputar info bisnis di sini !
Baca berita Indonesia Terkini di sini !
Baca tips dan trik bermain game di sini !
Baca berita viral negara +62 di sini !
Baca berita hangat Australia di sini !
Baca berita program terbaru di sini !
Baca berita seputar produk bagus di sini !
Baca seputar Game Menarik di sini !
Bergabung untuk menemukan info terbaru di sini !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *