Kebakaran Api di Tengah Bromo - Hai, Sobat Detikers! Kabar kebakaran di Bromo emang bikin heboh. Sampe sekarang, api yang muncul

Kebakaran Api di Tengah Bromo – Hai, Sobat Detikers! Kabar kebakaran di Bromo emang bikin heboh. Sampe sekarang, api yang muncul gegara prewedding ini masih belum bisa dipadamkan. Kebalikannya, malah ada kejadian yang makin bikin heboh, yakni tornado api!

Gimana nih, di video yang bikin viral, keliatan banget api dari savana Bromo itu berputar-putar. Api ini muncul gara-gara kena angin tornado, guys.

Sismiko, salah satu relawan yang ikut andil, bilang kalo tornado api ini kejadian Minggu kemarin. Waktu itu, emang lagi anginnya kenceng banget.

Api muter itu kemarin di area savana. Masuk wilayah Kabupaten Malang. Anginnya saat kebakaran memang kencang,” katanya ke detikJatim, Senin (11/9/2023).

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) juga nge-confirm soal tornado api ini. Mereka bilang, sebenernya fenomena kayak gini emang sering terjadi di savana Bromo. Cuma gara-gara kebakaran, api dari savana ikut-ikutan berputar-putar dan terangkat.

Viral Tornado Api di Tengah Kebakaran Bromo

“Memang kemarin (Minggu) pada saat kebakaran di savana terjadi angin cukup besar. Hal ini terjadi saat hari sedang panas dan kering, saat musim kemarau bentuknya seperti pusaran,” kata Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar TNBTS, Septi Eka Wardhani.

“Dalam kondisi normal, fenomena tersebut merupakan fenomena alam yang kadang terjadi di kawasan lautan pasir. Kebetulan angin besar kemarin tepat berputar di titik api kebakaran,” tambahnya.

Sampai sekarang, tim gabungan terus berusaha mati-matian buat ngepadamin api di Bromo. Mereka juga udah ngebantu dengan water bombing. Pemadaman utamanya fokus di wilayah Blok Watangan dan sekitarnya.

Air buat water bombing ini diambil pakai helikopter dari Wringinanom, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Nah, helikopter ini terus beraksi buat ngegas api yang masih berkobar di Gunung Bromo.

Begitulah cerita tentang tornado api di tengah kebakaran Bromo, Sobat Detikers! Kalau kalian punya cerita seru atau pertanyaan, boleh sharing di sini, ya. Dan jangan lupa, tetep update dengan download Apps Detikcom Sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *