Munas NU 2023 Tolak Kebijakan 5 Hari Sekolah

Munas NU 2023 Tolak Kebijakan – Euy, ada kabar gokil nih! Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama sama Konferensi Besar (Konbes) Nahdlatul Ulama tahun 2023 lagi digelar, dan mereka udah putusin sesuatu tentang kebijakan sekolah lima hari! Nah, jadi forum Munas-Konbes NU 2023 ini nggak setuju sama kebijakan sekolah lima hari alias full day school.

Jadi begini, full day school itu bikin jam sekolah nambah sampe sore, gitu lah. Ini ada hubungannya sama aturan lima hari kerja, ya. Nah, mereka nyampaikan pesen kalo mereka nggak mau ikutanin full day school yang diterjemahin dari aturan lima hari kerja itu.

Koordinator Komisi Bahtsul Masail Qonuniyyah, yang biasa dipanggil Gus Rozin, ngomong, “Rekomendasi kami buat Munas adalah nggak usah implementasiin full day school yang diambil dari aturan lima hari kerja ini.” Itu dia sampaikan pas konferensi pers Munas sama Konbes, bro.

Tapi, ada aturan Presiden yang ngebahas soal Hari Kerja dan Jam Kerja Instansi Pemerintah dan Pegawai Aparatur Sipil Negara, Perpres Nomor 21 tahun 2023. Nah, aturan ini bilang kalo Hari Kerja itu cuma Senin sampe Jumat doang, nggak termasuk Sabtu. Tujuannya buat nambah produktivitas kerja pegawai pemerintah.

Munas NU 2023 Tolak Kebijakan 5 Hari Sekolah

Tapi nih, NU liatnya Perpres ini dikira-kira dan ada yang berpendapat kalo full day school itu mestinya ada. Artinya, lo sekolah lima hari dalam seminggu dan sampe sore. Gus Rozin ngejelasin, “Di beberapa tempat sudah dilakukan lima hari sekolah yang ditafsirkan dari lima hari kerja. Sebuah peraturan presiden tahun 2023 yang menjelaskan bahwa kita itu mempunyai lima hari kerja. Mulai dari Senin sampai Jumat, tapi di beberapa tempat diterjemahkan pula lima hari sekolah dan sepanjang hari.”

Selain itu, Gus Rozin bilang mereka menolak kebijakan ini dari segi sosiologis dan yuridis. Dari sisi sosiologis, dia ngerasa kalo full day school bisa ganggu pengajaran karakter dan pendidikan agama yang biasanya dilaksanain pas madrasah diniyah sore setelah sekolah umum.

Gus Rozin juga jelasin dari sisi hukumnya, soal ada Perpres Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter yang nggak lagi ngena Permendikbud Nomor 23 Tahun 2017 yang ngebahas Lima Hari Kerja. Permendikbud ini dicabut gara-gara Perpres lebih tinggi tingkatannya dan lebih baru.

Pokoknya, ada perdebatan seru nih soal full day school! Baca selengkapnya di artikel detiknews, “Munas NU 2023 Tolak Kebijakan 5 Hari Sekolah, Ini Alasannya” di sini

Baca sinopsis film menarik hanya di sini !
Baca berita tim favorit manchester united di sini !
Baca berita Sepak Bola hanya di sini !
Baca berita Musik Internasional hanya di sini !
Baca berita seputar olahraga hanya di sini ! 
Baca berita seputar info bisnis di sini !
Baca berita Indonesia Terkini di sini !
Baca tips dan trik bermain game di sini !
Baca berita viral negara +62 di sini !
Baca berita hangat Australia di sini !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *