Melihat Dampak Pembatasan Ekspor Beras India-Indonesia

Bagaimana Pasokan Beras Indonesia Beradaptasi dengan Pembatasan Ekspor India, Bangladesh, dan Rusia”

Sebuah drama ekspor beras global memunculkan ketegangan di pasar-pasar internasional. Tidak hanya satu, tetapi tiga negara besar, India, Bangladesh, dan Rusia, telah memutuskan untuk mengunci pintu ekspor beras mereka, memprioritaskan kebutuhan dalam negeri.

Namun, apa yang terjadi dengan pasokan beras Indonesia, yang bergantung pada impor dari negara-negara ini? Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), India adalah kontributor utama impor beras Indonesia tahun lalu. Namun, sejak awal tahun 2023, angka ini terus menurun karena kebijakan larangan ekspor yang diimplementasikan oleh India.

“Dari bulan Juli tahun ini, ketika India memutuskan untuk membatasi ekspor beras, proporsi impor beras dari India terus merosot,” ungkap Plt. Kepala BPS, Amalia Adininggar Widyasanti, dalam konferensi pers yang digelar pada Senin (16/10/2023). “Bahkan, angkanya menjadi sangat kecil pada bulan-bulan terakhir,” tambahnya.

Menurut data dari bulan September 2023, impor beras dari India hanya menyumbang 0,39 persen dari total impor beras nasional.

Penurunan signifikan ini sudah terlihat sejak bulan Februari, sebagai dampak langsung dari kebijakan restriksi ekspor India.

Namun, berita baiknya adalah larangan ekspor beras dari Bangladesh dan Rusia tidak menghantam pasokan beras nasional Indonesia. Kedua negara ini memang bukan mitra perdagangan utama dalam hal beras. “Kebijakan larangan ekspor yang diberlakukan oleh Bangladesh dan Rusia tidak memiliki dampak langsung terhadap kinerja atau pasokan beras Indonesia,” jelas Amalia.

Sejak awal tahun ini, Indonesia telah mengimpor sekitar 1,78 juta ton beras senilai 980 juta dolar AS. Sebagian besar impor beras ini berasal dari Thailand, dengan nilai impor mencapai 646 juta dolar AS. Vietnam juga menjadi kontributor signifikan dengan nilai impor sebesar 456 juta dolar AS, menjadikannya negara importir beras terbesar kedua bagi Indonesia setelah Thailand.

Sebuah cerita menarik terus berlanjut di balik tirai ekspor dan impor, di mana negara-negara bersaing untuk menjaga stabilitas dalam negeri mereka sambil tetap memenuhi kebutuhan internasional. Dalam dunia yang terus berubah, pasokan beras Indonesia berhasil menavigasi tantangan ini dengan cerdik, menciptakan kisah perkembangan yang patut diperhatikan di panggung perdagangan global.

Baca sinopsis film menarik hanya di sini !
Baca berita tim favorit manchester united di sini !
Baca berita Sepak Bola hanya di sini !
Baca berita Musik Internasional hanya di sini !
Baca berita seputar olahraga hanya di sini ! 
Baca berita seputar info bisnis di sini !
Baca berita Indonesia Terkini di sini !
Baca tips dan trik bermain game di sini !
Baca berita viral negara +62 di sini !
Baca berita hangat Australia di sini !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *