Pengungkapan Kasus Atur Skor Liga 2 hingga 6 Orang jadi Tersangka

Pengungkapan Kasus Atur Skor Liga 2 – Bro, Satgas Antimafia Bola Polri baru-baru ini kasih bocoran soal dugaan kasus pengaturan skor atau match fixing di Liga 2 yang bikin sensasi, nih! Makin seru, udah ada enam tersangka yang ditangkap!

Kasatgas Antimafia Bola Polri yang juga Wakabareskrim Polri, Irjen Asep Edi Suheri, cerita kalau semuanya bermula dari laporan Sportradar Intelligence & Investigation (SR) yang dikirim sama FIFA. Laporan itu datang pada 24 Juni 2023.

“Ini tentang match fixing dari tahun 2018 sampai 2022, dan nggak bisa dibilang nggak mungkin juga terjadi lagi di 2023. Karena ada target,” kata Asep saat di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (27/9/2023).

Satgas Antimafia Bola Polri ini dibentuk oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Ketua Umum PSSI Erick Thohir, atas instruksi langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Mereka semua punya tujuan bersama, yakni buat bikin persepakbolaan di Indonesia bersih dari mafia bola.

Ada empat wasit yang jadi tersangka, dengan inisial R, T, R, dan A. Terus, ada dua lagi yang terlibat, yaitu LO wasit dengan inisial K dan kurir uang dengan inisial A.

Pengungkapan Kasus Atur Skor Liga 2 hingga 6 Orang jadi Tersangka

“Para tersangka ini berasal dari berbagai pihak, mulai dari klub, para wasit yang terlibat di pertandingan, pengawas pertandingan, staf hotel, panitia penyelenggara pertandingan, dan komdis PSSI,” kata Asep.

Modus yang digunakan wasit itu antara lain nggak ngangkat bendera saat offside. Mereka sebelumnya dilobi sama salah satu klub dengan memberi uang total sekitar Rp 1 miliar.

Selain itu, ada yang dijerat Pasal 2 UU Nomor 11 Tahun 1980 tentang Tindak Pidana Suap, juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP, yang bisa kena hukuman maksimal 5 tahun penjara dan denda maksimal Rp 15 juta.

Sementara empat wasit yang lain dijerat Pasal 3 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1980 tentang Tindak Pidana Suap, juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. Ancaman hukumannya adalah penjara selama 3 tahun maksimal dan denda sampai Rp 15 juta.

Baca sinopsis film menarik hanya di sini !
Baca berita tim favorit manchester united di sini !
Baca berita Sepak Bola hanya di sini !
Baca berita Musik Internasional hanya di sini !
Baca berita seputar olahraga hanya di sini ! 
Baca berita seputar info bisnis di sini !
Baca berita Indonesia Terkini di sini !
Baca tips dan trik bermain game di sini !
Baca berita viral negara +62 di sini !
Baca berita hangat Australia di sini !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *