Bye-Bye e-KTP, Selamat Datang Identitas Kependudukan Digital (IKD)!

Bye-Bye e-KTP, Selamat Datang Identitas Kependudukan Digital (IKD)!

Kabar mengenai rencana penggantian e-KTP dengan Identitas Kependudukan Digital (IKD) membuat heboh media sosial, terutama Instagram, setelah diunggah oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Meskipun unggahan tersebut kemudian dihapus, masyarakat tetap aktif membahasnya di platform tersebut.

Berbagai narasi di media sosial, khususnya Twitter, menyatakan bahwa e-KTP akan segera digantikan oleh IKD. Sebagai contoh, akun @imr***** menulis, “Lol kemenkominfo says sayonara to ektp.”

Ketika Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo, Usman Kansong, dimintai konfirmasi, ia mengaku tidak mengetahui adanya unggahan tersebut. Begitu juga saat ditanya mengenai wacana penggantian e-KTP menjadi IKD, Usman menyatakan tidak memiliki informasi lebih lanjut.

“Saya nggak tahu ada unggahan itu,” ungkapnya.

Namun, Direktur Jenderal Dukcapil Kementerian Dalam Negeri, Teguh Setyabudi, dengan tegas memastikan bahwa penerapan IKD tidak akan menggantikan e-KTP. Menurutnya, keduanya akan saling melengkapi dan tetap berlaku.

“Tidak ada istilah mengubah e-KTP (jadi IKD). Adanya aktivasi IKD. Keduanya saling melengkapi dan tetap berlaku,” terang Teguh.

Teguh menjelaskan bahwa keputusan ini diambil karena pertimbangan beberapa kondisi.

Hal ini dijelaskan seperti penduduk yang tidak memiliki smartphone, kurang terbiasa dengan penggunaan smartphone, dan ketidakmerataan jaringan internet di seluruh Indonesia.

Penerapan IKD akan dilakukan secara bertahap, dimulai pada tahun 2022, melibatkan berbagai kelompok, mulai dari ASN Ditjen Dukcapil hingga masyarakat umum. Tahapannya, merujuk pada Permendagri Nomor 72 Tahun 2022, melibatkan ASN Ditjen Dukcapil, ASN Dukcapil provinsi dan kabupaten/kota, ASN Kementerian/Lembaga, hingga masyarakat umum.

Per tanggal 28 November 2023, sekitar 6.332.148 penduduk telah melakukan aktivasi IKD di smartphone mereka. Teguh mengungkapkan bahwa capaian nasional penerapan IKD menunjukkan peningkatan yang positif, dan pemerintah mendorong seluruh masyarakat untuk melakukan aktivasi IKD di Dinas Dukcapil kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Selamat tinggal e-KTP, selamat datang era Identitas Kependudukan Digital!

 

Baca sinopsis film menarik hanya di sini !
Baca berita tim favorit manchester united di sini !
Baca berita Sepak Bola hanya di sini !
Baca berita Musik Internasional hanya di sini !
Baca berita seputar olahraga hanya di sini ! 
Baca berita seputar info bisnis di sini !
Baca berita Indonesia Terkini di sini !
Baca tips dan trik bermain game di sini !
Baca berita viral negara +62 di sini !
Baca berita hangat Australia di sini !
Baca berita program terbaru di sini !
Baca berita seputar produk bagus di sini !
Baca seputar Game Menarik di sini !
Bergabung untuk menemukan info terbaru di sini !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *