TikTok Klaim 6 Juta Pedagang Bisa Rugi Gara-gara Media Sosial

TikTok Klaim 6 Juta Pedagang Bisa Rugi – Cerita nih, bro! Pemerintah baru aja ngeban media sosial dan social commerce buat jualan ala e-commerce. Kebijakan ini udah ada di Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 31 Tahun 2023 yang tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha Dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik.

Nah, media sosial yang juga punya fitur e-commerce kayak TikTok Shop jadi kena dampaknya. TikTok Indonesia pun buka suara nih, mereka bilang kalo kebijakan ini bakal berdampak negatif buat sekitar 6 juta penjual dan hampir 7 juta kreator affiliate di TikTok Shop.

“Keputusan tersebut akan berdampak pada penghidupan 6 juta penjual dan hampir 7 juta kreator affiliate yang menggunakan TikTok Shop,” kata perwakilan TikTok Indonesia dalam keterangannya kepada detikcom, nih, dikutip Kamis (28/9/2023).

Tapi TikTok juga bilang mereka akan menghormati kebijakan yang udah diumumin sama pemerintah.

“Kami sangat menyayangkan terkait pengumuman hari ini (Rabu, (27/9/2023),” ungkap keterangan tersebut.

“Kami akan tetap menghormati peraturan dan hukum yang berlaku di Indonesia dan akan menempuh jalur konstruktif ke depannya,” lanjut keterangannya.

TikTok Klaim 6 Juta Pedagang Bisa Rugi Gara-gara Media Sosial

Nah, di Permendag 31 Tahun 2023 yang baru ini, ada pasal yang tegas, yakni pasal 21 nomor 3. Isinya, media sosial dan social commerce dilarang banget buat memfasilitasi transaksi jual beli kayak e-commerce.

“PPMSE dengan model bisnis social commerce dilarang memfasilitasi transaksi pembayaran pada Sistem Elektroniknya,” gitu bunyi aturan yang ada.

Jadi, kalo media sosial mau tetep jadi e-commerce, mereka harus ubah sistemnya jadi e-commerce beneran dan dapet izin usaha yang sesuai.

Tapi kalo pengen jadi social commerce, ya cuma boleh buat promosi dan iklan, nggak boleh ada transaksi di satu platform yang sama.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Zulhas udah bilang kalo media sosial yang jadi e-commerce udah resmi dilarang. Salah satu contohnya adalah TikTok yang punya TikTok Shop. Ini kebijakan berlaku sejak Selasa (26/9), tapi mereka dikasih waktu seminggu buat transisi dan ngurus izin.

Baca sinopsis film menarik hanya di sini !
Baca berita tim favorit manchester united di sini !
Baca berita Sepak Bola hanya di sini !
Baca berita Musik Internasional hanya di sini !
Baca berita seputar olahraga hanya di sini ! 
Baca berita seputar info bisnis di sini !
Baca berita Indonesia Terkini di sini !
Baca tips dan trik bermain game di sini !
Baca berita viral negara +62 di sini !
Baca berita hangat Australia di sini !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *