Heboh Netizen Ngeluh Toko Tetapkan Belanja Minimum Jika Bayar Pakai QRIS

Toko Tetapkan Belanja Minimum Jika Bayar Pakai QRIS –Nih, ada heboh nih di medsos, temen-temen! Jadi, ada cerita kalau mau bayar pake QRIS di suatu tempat, ternyata ada syarat belanja minimum, contohnya Rp 50.000 atau Rp 100.000.

Kan, QRIS tuh praktis banget ya, bisa bayar apa aja cuma lewat ponsel, bisa semua e-wallet atau mobile banking. Nah, ini dia yang bikin heboh, soalnya ada aturan belanja minimum gini, banyak yang ngeluh nih.

Misalnya nih, Giovani punya cerita seru. Dia lagi pengen beli oleh-oleh, eh pas mau bayar pake QRIS, ternyata syaratnya minimal Rp 100.000! 😲

Dia langsung curhat di akun sosmednya @KokoGiovanni, nih, detikers. Dia nulis gini, “Transaksi QRIS minimal Rp 100.000 di toko oleh-oleh. Syukurlah, masih bisa pakai kartu debit! Jadi, apa sebenarnya alasan di balik syarat transaksi tertentu untuk pembayaran QRIS?,” katanya.

Menurut Giovani, ini nggak pertama kali dia temuin syarat begini. Dia pernah juga ke resto yang minta minimal transaksi Rp 50.000 kalo mau bayar pake QRIS. Nah, itu dia jadi nggak enak soalnya harus nambahin pesenan atau ganti cara bayar.

Heboh Netizen Ngeluh Toko Tetapkan Belanja Minimum Jika Bayar Pakai QRIS

“Lebih kurang nyaman karena diminta untuk tambah belanjaan atau mengubah metode pembayaran. Memang ada alternatif pembayaran dengan kartu debit atau uang tunai. Namun, perlu mencari dahulu di dalam tas. Sedangkan dalam posisi di belakang, ada antrean orang lain yang ingin membayar juga,” ceritanya.

Biasanya, dia suka pake QRIS buat transaksi sehari-hari, karena praktis banget kan, cuma lewat ponsel, nggak perlu bawa-bawa kartu fisik.

Nah, cerita serupa juga dateng dari Lulithasari. Dia ngebantuin, nih, dia ngerasa ribet juga soal syarat transaksi minimal gini. Terutama kalo lagi buru-buru, harus nyari uang cash dulu. Apalagi kadang barang yang dia beli nggak nyampe minimal transaksinya.

“Iya (kurang nyaman). Kalau urgent, jadi agak repot. Apalagi kalau misal belinya hanya ada di tempat itu. Sedangkan yang dibeli nggak sampai minimum. Otomatis harus ambil duit dulu,” katanya.

Soal ini, Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI), Fitria Irmi Triswati, bilang kalau ini kembali ke kebijakan masing-masing tempat atau toko. Sama aja kayak kartu debit dan kredit, BI juga nggak melarang ada syarat minimal kayak gini di QRIS.

“Ketentuannya membolehkan. Ini juga dibolehkan di transaksi kartu debit dan kredit karena sesuai dengan risk management masing-masing merchant dan PJP-nya,” katanya.

Jadi, semuanya balik lagi ke kebijakan si penjual atau tempat yang nerapin QRIS ini, ya, detikers. Nah, kalo ada yang ngalamin cerita seru atau pengalaman unik kayak gini, jangan lupa share, ya! Kalau ada pertanyaan soal rumah, tanah, atau properti, tim detikProperti siap bantu cari solusinya. Kirim pertanyaan kamu via email ke redaksi@detikproperti.com dengan subject ‘Tanya detikProperti’. Baca juga artikel lengkapnya di detikfinance, “Heboh Netizen Ngeluh Toko Tetapkan Belanja Minimum Jika Bayar Pakai QRIS.” Jangan lupa download Apps Detikcom Sekarang juga, biar tetap update!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *